24 March, 2020

#47 Dana Desa Menjadikan Desa-Desa di Perbatasan semakin Baik


Berdasarkan Survei Potensi Desa, selama tahun 2014-2018, pulau-pulau terdepan/ perbatasan di Indonesia mengalami perbaikan kondisi dalam beberapa hal. Persentase desa dengan prasarana transportasi darat naik dari sekitar 59,57 persen menjadi 63,80 persen. Hal ini tidak lepas dari peningkatan kualitas jalan utama desa, di mana persentase desa dengan jalan yang diaspal/dibeton meningkat dari sekitar 54,43 persen menjadi 62,39 persen.



Ini adalah salah satu temuan penting dari hasil penelitian “Analisis Perbandingan Kondisi Pembangunan Desa Sebelum Dan Sesudah Program Alokasi Dana Desa” oleh Ema Tusianti dan Dimas Hari Santoso (2019).


Penelitian ini menggunakan Uji Statistik McNemar untuk melihat apakah terjadi perubahan kondisi desa antara tahun 2014 dengan tahun 2018 sebagai dampak dari implementasi dana desa oleh pemerintah. Data yang digunakan bersumber dari data Potensi Desa (Podes) tahun 2014 dan Podes 2018 yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS).


Penelitian ini menjadi menarik karena mengambil latar belakang isu ketimpangan pembangunan di wilayah perkotaan dengan di perdesaan. Dana desa disebut sebagai salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk memperkecil gap/ketimpangan tersebut. Secara spesifik kajian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak pemberian dana desa secara tidak langsung dengan membandingkan berbagai aspek kesejahteraan masyarakat pada momen sebelum dan sesudah dana desa diberikan.  


Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek, di antaranya pembangunan prasarana dasar, pelayanan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Hal ini terjadi pada hampir semua desa di Indonesia, baik pada desa-desa di perbatasan maupun desa-desa di seluruh Indonesia. Hasil kajian juga menunjukkan terdapat peningkatan penyediaan infrastruktur; fasilitas kesehatan; dan pendidikan yang signifikan pada desa-desa di perbatasan.


Dengan demikian, dana desa secara nyata berkontribusi terhadap peningkatan pembangunan di perdesaan. Kebijakan dana desa dapat terus dilanjutkan agar ketimpangan pembangunan di kedua kelompoka wilayah dapat semakin mengecil.

Hasil lengkap kajian ini dapat diakses dan diunduh file dengan bentuk ekstensi pdf pada portal www.bps.go.id di menu publikasi. (Bjb, 24-03-2020)

No comments:

Post a Comment