30 January, 2018

#37 Yuk Sekolah di Madrasah.....



Bagi saya pendidikan agama sangat penting. Menanamkan ajaran agama sedari kecil itu adalah kewajiban. Sayapun memasukkan anak saya di Madrasah Ibtidaiyah (MI), bukan sekolah yang lain. Hal yang sama juga saya dapatkan saat kecil dulu. Saya dulu sekolah di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah Banjarmasin. 


Di sekolah agama, porsi pelajaran agama jauh lebih besar. Ada mata pelajaran Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Al-Qur’an dan Hadist, Bahasa Arab, Fiqih, Baca Tulis Al-Qur’an, Kaligrafi, dan lainnya. Tentu ini pelajaran ini tidak semuanya kita dapatkan di sekolah umum. Kelak ilmu-ilmu ini akan bekal mereka ke depan. Saya sendiri sudah merasakan saat ini. Sebagai contoh adalah bahasa arab. Meski pasif, saya masih bisa memahami beberapa makna kata bahasa arab. Yang lain adalah kaligrafi. Saya masih lancar menulis salah jenis khat arab.

Yuk.... mari kita masukkan anak-anak kita ke sekolah berbasis agama. Agar mereka mendapatkan bekal ilmu agama yang mumpuni. Belajar mengaji, belajar sholat, belajar akhlak yang baik dimulai dari kecil. Mungkin saja sebagian dari kita sebagai orang tua tidak sempurna dalam memberikan ajaran agama, salah satunya karena kesibukan kerja. Perkara setelah dewasa mau menekuni di bidang apa saja, tidak menjadi persoalan lagi. Karena akhlak dan pribadi mereka telah terbentuk dengan baik. Hal ini pula yang menjadikan mereka kuat dalam menatap derasnya era digital yang semakin mengglobal. Karena agama tetap menjadi pegangan hidup.

No comments:

Post a Comment