10 February, 2011

#3 Janganlah Engkau Menggunjing

Astagfirullah… betapa banyak dosa yang kita telah kita lakukan. Seandainya kita menghitung – hitung, jangan – jangan dosa yang kita lakukan lebih banyak dibandingkan amal baik kita. Justru banyak dosa yang kita buat karena ketidaksadaran kita. Salah satunya adalah menggunjing, hasad atau membicarakan keburukan atau aib orang lain. Perbuatan buruk ini adalah salah satu perbuatan yang sering kali kita tidak sadar telah melakukannya. Padahal dalam Islam perbuatan ini sangat dilarang sekali. Ancaman terhadap pelakunya adalah pahalanya akan berpindah kepada orang yang kita gunjing. Selain itu, ALLAH akan membuka aib si pelaku di saat hari kebangkitan kelak. Di lain hadist nabi mengibaratkan bahwa, orang yang memperbincangkan keburukan orang lain seakan – akan dia memakan bangkai saudaranya sendiri. Na’udzubillah, Tsumma na’udzubillah… semoga kita dihindarkan dari perbuatan jijik seperti ini.

Saya mencoba introspeksi diri. Ternyata memang tidak mudah untuk tidak menggunjing orang lain. Benar – benar secara tidak sadar, ketika kita sedang asyik berbicara dengan orang lain sebagai lawan bicara yang ujung – ujungnya membicarakan keburukan orang lain. Si fulan itu orangnya susah di ajak kerjasama, maunya menang sendiri. Si fulanah itu orangnya cerewet. Bapak fulan itu tidak transparan dalam mengelola keuangan. Ibu fulanah itu hobinya ngutang. Itulah mungkin sedikit materi pembicaraan berkisar pergunjingan. Padahal yang dibicarakan pun belum tentu benar, lebih berbahaya lagi kalau menjadi fitnah, pasti runyam deh masalahnya.

Kita harus menyadari bahwa kita belum tentu lebih baik dari orang yang kita gunjing, dan sekali lagi belum tentu bahan yang menjadi gunjingan itu benar. Alangkah besarnya dosa (ya ALLAH maafkan hati hamba Mu ini yang telah lalai dari mengingat Mu). Dosa kepada orang yang kita gunjing dan dosa juga kepada ALLAH dikarenakan merusak hati kita dari mengingat ALLAH.

Konflik… ya banyak konflik perang dingin yang timbul karena menggunjing orang lain. Sungguh perbuatan bijaksana jikalau kita mengetahui keburukan orang lain, lalu tidak kita sebarkan, namun justru kita mampu mengingatkan ke arah kebaikan kalau itu memang terbukti suatu keburukan. Semoga kita semua dihindarkan dari salah satu perbuatan dosa besar ini. Wallahu’alam bishshowab.

No comments:

Post a Comment