10 February, 2011

#5 Terima Kasih Pak Difri

Akhir Desember 2010 di sebuah warung makan dekat perkantoran pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Pak Difri, panggilan akrab seorang wakil bupati Tanah Bumbu sedang makan di sebuah warung makan itu, ketika aku berjalan menuju tempat yang sama dengan beliau. Di dalam warung makan sudah penuh tempat duduk, namun masih bisa menyisakan tempat duduk buatku. Beliau terlihat akrab berbincang dengan pegawainya yang kebetulan lagi makan pula. Kuperhatikan sebentar dan lantas bergumam, seakan tidak ada pembatas antara seorang pejabat tinggi seperti beliau dengan bawahannya. Luar biasa. Tak pernah kutemukan sebelumnya seorang pemimpin yang begitu akrab dengan bawahannya. Seorang wakil bupati yang mau makan di tempat yang tidak “selevel” dengan beliau.

Hingga akhirnya ketika beliau hendak pulang, beliau telah membayar semua makanan pada semua orang yang saat itu makan, termasuk pula aku. Aku baru tahu ketika aku hendak membayar. Jangankan pernah berbicara dengan beliau, kenalpun tidak. Kalau aku pasti kenal beliau seorang wakil bupati, tapi beliau tentu tidak kenal denganku. Memangnya aku siapa. Beliau sudah pergi, dan aku tak sempat mengucapkan terima kasih. Terima kasih Pak, semoga ALLAH memberikan kemudahan dalam menjalankan amanah sebagai pemimpin di kabupaten Tanah Bumbu.

No comments:

Post a Comment